Selamat datang di Blogs Pendidikan

Guru, SDM yang terlupakan

0 komentar

Guru adalah desainer ahlak yang akan dimiliki para siswa nantinya, guru memiliki peran yang besar dalam dunia
pendidikan, Guru berusaha membimbing siswa agar dapat menemukan berbagai potensi yang dimilikinya, membimbing siswa agar dapat mencapai dan melaksanakan tugas-tugas perkembangan mereka, sehingga dengan ketercapaian itu ia dapat tumbuh dan berkembang sebagai individu yang mandiri danproduktif.
Begitu besar tugas dan tanggung jawab guru dalam mempersiapkan kader penerus bangsa ini, namun yang terjadi selama ini guru merupakan salah satu aspek yang terlupakan dalam dunia pendidikan.
Perubahan kurikulum yang terjadi selama ini merupakan suatu trend yang terjadi di Indonesia. Setiap ganti menteri pasti ganti kurikulum, mereka berpendapat bahwa kurikulum yang mereka ciptakan lebih berbobor, lebih tepat sasaran, atau apalah alas an mereka.
Di balik perubahan kurikulum yang terus-menerus, yang kadang kita gak ngeh apa maksudnya, ada elemen yang benar-benar terlupakan...Yaitu guru! Ya, guru di Indonesia hanya 60% yang layak mengajar...sisanya, masih perlu pembenahan. Kenapa hal itu terjadi? Tak lain tak bukan karena kurang pelatihan skill, kurangnya pembinaan terhadap kurikulum baru, dan kurangnya gaji. Masih banyak guru honorer yang kembang kempis ngurusin asap dapur rumahnya agar terus menyala.
Guru, digugu dan ditiru....Masihkah? atau hanya slogan klise yang sudah kuno. Murid saja sedikit yang menghargai gurunya...sedemikian juga pemerintah. banyak yang memandang rendah terhadap guru, sehingga orang pun tidak termotivasi menjadi guru. Padahal, tanpa sosok Oemar Bakri ini, tak bakal ada yang namanya Habibi.


Share this article :
 
Support : Blog-Pendidikan | Sniper | Johny Template | Mas Templatea | Kumpulan Artikel
Copyright © 2011. Blogs Pendidikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Blogs Pendidikan
Proudly powered by Blogger